Shintya Dewi Nurahmat, 155030008 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI TEKS DEBAT BERORIENTASI PADA MOSI DAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SHINTYA.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya keterampilan membaca pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi dengan menggunakan metode creative problem solving; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi dengan menggunakan metode creative problem solving; dan mengetahui keefektifan metode creative problem solving yang digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment jenis nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi dengan menggunakan metode creative problem solving pada siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,74 sangat baik (A). Peserta didik di kelas X SMA Nusantara Bandung mampu menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi dengan menggunakan metode creative problem solving. hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes 44,95 dan nilai rata-rata postes 86,25, peningkatannya sebesar 41,3. Metode creative problem solving efektif digunakan pada pembelajaran menganalisis isi teks debat berorientasi pada mosi dan argumentasi pada siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik > , yaitu 24,29 > 18,5 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata kunci: Argumentasi, membaca, menganalisis, metode creative problem solving, mosi, teks debat.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 04:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 04:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43464 |
Actions (login required)
View Item |