ZEFILA ATRYUDHA, 155030114 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TANGGAPAN ISI BUKU CERPEN YANG DIBACA DENGAN MEMPERHATIKAN PUNGTUASI TITIK, KOMA, DAN TANDA KUTIP MENGGUNAKAN METODE IMPROVEPADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Menulis tanggapan isi buku cerpen yang dibaca dengan memperhatikan pungtuasi titik, koma, dan tanda kutip merupakan kegiatan yang sulit dilakukan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mencapai keberhasilan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis tanggapan dan keefektifan metode Improve. Desain penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) Nilai pe-rencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh peneliti sebesar 3,7. 2) Nilai rata-rata pretes sebesar 22,5 dan nilai rata-rata postes 86,2. 3) Metode Improve lebih efektif dibandingkan metode Think Talk Write. Hal ini dibuktikan dari hasil thitungkelas eksperimen lebih besar 44,5 dibandingkan thitungkelas kontrol sebesar 37,1. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat dari hasil pretes dan postes. 4) Hasil pretes kelas eksperimen mendapatkanskor rata-rata 22,5, sedangkan kelas kontrol mendapatkan 16,1. Sedangkan nilai postes kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86,2, sedangkan kelas kontrol mendapatkan 66,6. Peneliti simpulkan bahwa metode Improve efektif digunakan dalam pembelajaran menulis tanggapan isi buku cerpen yang dibaca dengan memperhatikan pungtuasi titik, koma, dan tanda kutip. Kata Kunci: Menulis tanggapan isi buku cerpen, pungtuasi, metode Improve.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 08:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 08:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43352 |
Actions (login required)
View Item |