PEMBELAJARAN MENULIS TANGGAPAN ISI BUKU CERPEN YANG DIBACA DENGAN MEMPERHATIKAN PUNGTUASI TITIK, KOMA, DAN TANDA KUTIP MENGGUNAKAN METODE IMPROVEPADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ZEFILA ATRYUDHA, 155030114 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TANGGAPAN ISI BUKU CERPEN YANG DIBACA DENGAN MEMPERHATIKAN PUNGTUASI TITIK, KOMA, DAN TANDA KUTIP MENGGUNAKAN METODE IMPROVEPADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis tanggapan isi buku cerpen yang dibaca dengan memperhatikan pungtuasi titik, koma, dan tanda kutip merupakan kegiatan yang sulit dilakukan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mencapai keberhasilan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis tanggapan dan keefektifan metode Improve. Desain penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) Nilai pe-rencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh peneliti sebesar 3,7. 2) Nilai rata-rata pretes sebesar 22,5 dan nilai rata-rata postes 86,2. 3) Metode Improve lebih efektif dibandingkan metode Think Talk Write. Hal ini dibuktikan dari hasil thitungkelas eksperimen lebih besar 44,5 dibandingkan thitungkelas kontrol sebesar 37,1. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat dari hasil pretes dan postes. 4) Hasil pretes kelas eksperimen mendapatkanskor rata-rata 22,5, sedangkan kelas kontrol mendapatkan 16,1. Sedangkan nilai postes kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86,2, sedangkan kelas kontrol mendapatkan 66,6. Peneliti simpulkan bahwa metode Improve efektif digunakan dalam pembelajaran menulis tanggapan isi buku cerpen yang dibaca dengan memperhatikan pungtuasi titik, koma, dan tanda kutip. Kata Kunci: Menulis tanggapan isi buku cerpen, pungtuasi, metode Improve.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:10
Last Modified: 12 Sep 2019 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43352

Actions (login required)

View Item View Item