PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Indah Mawarni, 155020001 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (Bahasa Inggris).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Bahasa Sunda).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 1 Bandung. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kausal/survey dengan cara menyebarkan angket/kuesioner kepada responden mengenai kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa. Responden dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam angket terdiri dari 30 pernyataan (15 pernyataan untuk kompetensi professional guru dan 15 pernyataan tentang motivasi belajar siswa). Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan nilai angket untuk pernyataan mengenai variable X (kompetensi professional guru) sebesar 82%, sedangkan rata-rata hasil rekapitulasi perolehan nilai angket untuk variabel (motiv asi belajar siswa) sebesar 81%. Hasil penelitian ini terdapat cukup pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,485 atau 48,5%. Dan sisanya sebesar 51,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sedangkan untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 10.543 + 0,807 X artinya apabila adanya pertambahan pada variabel X sebesar 10.543, maka akan bertambah pula variabel Y sebesar 0,807. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah dapat diterima, karena terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Sebagai akhir dari penelitian, penulis menyampaikan saran kepada guru untuk selalu meningkatkan kompetensi profesional guru yang dimilikinya, dan kepada sekolah agar melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, kepada siswa agar memiliki semangat belajar yang tinggi karena dengan semangat belajar yang kuat maka akan melahirkan generasi-generasi yang cerdas sehingga akan menjadikan bangsa lebih unggul dan lebih maju. Kata kunci : Kompetensi Professional Guru, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:53
Last Modified: 10 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43217

Actions (login required)

View Item View Item