RIZKA MUFIDAH, 155030105 (2019) PEMBELAJARAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI YANG BERUPA PROSES TERJADINYA SUATU FENOMENA DARI BERAGAM SUMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GENERATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi dalam penelitian ini menggunakan keterampilan menulis. Pembelajaran meringkas, meringkas atau sebuah ringkasan adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan dalam bentuk yang singkat. Kegiatan meringkas merupakan kegiatan untuk menjadikan sebuah karangan asli menjadi karangan yang lebih singkat, padat dan ringkas dalam bentuk tulisan. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode Generatif. Teori belajar generatif merupakan suatu penjelasan tentang bagaimana seseorang siswa membangun pengetahuan dalam pikirannya, seperti membangun ide tentang suatu fenomena atau membangun arti untuk suatu istilah. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini serta merasa metode ini cocok untuk mengatasi masalah pada pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi. Peneliti mengajukan beberapa permasalahan sebagai berikut : Mampukah peneliti dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi, pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020?, Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol?, Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol?. Adapun hasil penelitiannya yaitu : peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020, terbukti dari hasil penilaian guru terhadap peneliti, peserta didik mampu melakukan pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai dari nilai petes ke postes, serta adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti dari hasil nilai postes yang di dapat dari hasil uji independent sample t testyang telah dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Kata kunci: Meringkas, menulis, isi, teks eksplanasi, metode, Generatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 04:36 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 04:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43202 |
Actions (login required)
View Item |