PEMBELAJARAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI YANG BERUPA PROSES TERJADINYA SUATU FENOMENA DARI BERAGAM SUMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GENERATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RIZKA MUFIDAH, 155030105 (2019) PEMBELAJARAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI YANG BERUPA PROSES TERJADINYA SUATU FENOMENA DARI BERAGAM SUMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GENERATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi dalam penelitian ini menggunakan keterampilan menulis. Pembelajaran meringkas, meringkas atau sebuah ringkasan adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan dalam bentuk yang singkat. Kegiatan meringkas merupakan kegiatan untuk menjadikan sebuah karangan asli menjadi karangan yang lebih singkat, padat dan ringkas dalam bentuk tulisan. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode Generatif. Teori belajar generatif merupakan suatu penjelasan tentang bagaimana seseorang siswa membangun pengetahuan dalam pikirannya, seperti membangun ide tentang suatu fenomena atau membangun arti untuk suatu istilah. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini serta merasa metode ini cocok untuk mengatasi masalah pada pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi. Peneliti mengajukan beberapa permasalahan sebagai berikut : Mampukah peneliti dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi, pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020?, Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol?, Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol?. Adapun hasil penelitiannya yaitu : peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020, terbukti dari hasil penilaian guru terhadap peneliti, peserta didik mampu melakukan pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai dari nilai petes ke postes, serta adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti dari hasil nilai postes yang di dapat dari hasil uji independent sample t testyang telah dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Kata kunci: Meringkas, menulis, isi, teks eksplanasi, metode, Generatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:36
Last Modified: 10 Sep 2019 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item