Dian Pratiwi, 155020062 (2019) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X IPS SMA Pasundan 1 dan SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Studi yang dilakukan organisasi PISA, memberi gambaran bahwa pada tahun 2015 Indonesia masih berada diposisi 10 terbawah yaitu pada posisi ke 62 dari 72 negara yang berpartisipasi. Maka dapat dikatakan bahwa kemampuan tingkat berpikir tingkat tinggi siswa di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan oleh negara lain. Maka dari itu, siswa harus dibiasakan mengerjakan soal-soal kecakapan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berpikir kreatif merupakan salah satu contoh dalam berpikir tingkat tinggi. Ditinjau dari berbagai aspek kehidupan, kebutuhan akan berpikir kreatif sangatlah penting. Untuk mengembangkan tingkat berpikir siswa guru memiliki peranan yang penting, karena guru harus membiasakan diri untuk memberikan siswa soal-soal HOTS dalam proses belajar mengajar setiap harinya. Salah satunya yaitu dilakukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan berpikir kreatif dan berapakah tingkatan berpikir siswa di SMA Pasundan se-Kota Bandung. Subjek penelitian ini adalah 94 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas X IPS 3 SMA Pasundan 1, 32 siswa kelas X IPS 1 SMA Pasundan 3 dan 30 siswa kelas X IPS 2 SMA Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa. Terdapat lima tingkat berpikir kreatif yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata siswa menjawab soal tes berpikir kreatif sebesar 2,89 yang termasuk dalam kriteria kreatif. Dapat dilihat pula pada persentasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam menjawab soal berpikir kreatif yaitu sebesar 70,140957%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X IPS 3 SMA Pasundan 1, siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMA Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2018/2019 termasuk kedalam siswa kreatif. Kata Kunci : Tingkat Berpikir Kreatif, Pelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 08:05 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 08:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43143 |
Actions (login required)
View Item |