PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

VINNA ANDINA, 155030124 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model concept sentence adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model concept sentence yang diterapkan pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung dalam kemampuan menulis teks negosiasi berorientasi pada struktur. Rumusan masalah yang diajukan penulis antara lain sebagai berikut. 1) Mampukah penulis merecanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berorientasi pada strukur pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung? 2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berorientasi pada struktur pada kelas kontrol dibandingkan dengan kelas eksperimen? 3) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen? 4) Bagaimanakah keefektifan model concept sentence dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berorientasi pada strukur? 5) Adakah perbedaan model concept sentence dengan model induktif kata bergambar? Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. 1) Peneliti mampu merecanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berorientasi pada struktur dengan menggunakan model concept sentence, terbukti dari nilai RPP dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh oleh penulis ialah 3,88 dan 3,53. 2) Terdapat perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 92,91, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,19. 3) Hal ini dapat dibutikan dari nilai selisih pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai selisih dari kedua kelas ialah 24,08 terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran kelas eksperimen dengan kelas kontrol. 4) Model concept sentence efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi berorientasi pada struktur. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik diketahui thitung > ttabel yakni 24,83>18,35, sedangkan model induktif kata bergabar pada kelas kontrol diketahui thitung < ttabel yakni 13,83<20.15. 5) terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:48
Last Modified: 06 Sep 2019 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42999

Actions (login required)

View Item View Item