KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DAN LISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TRIANUGRAH RIZKA LESTARI, 155030118 (2019) KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DAN LISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 lembar pengesahan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 RINGKESAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB II.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Time token merupakan metode pembelajaran dengan pendekatan komunikatif yang bertujuan membuat peserta didik aktif dan kreatif dalam menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode time token yang diterapkan pada peserta didik kelas VIII SMP Nusantara Bandung dalam kemampuan menyajikan teks persuasi. Rumusan masalah yang diajukan penulis antara lain sebagai berikut. 1) Mampukah peneliti merencanakan, melak- sanakan, dan mengevaluasi kemampuan menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan? 2) Adakah perbedaan kemampuan peserta didik dalam menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan sebelum dan setelah diterapkannya metode time token? 3) Adakah perbedaan kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kontrol? 4) Bagaimanakah keefektifan metode time token pada kemampuan peserta didik dalam menyajikan teks persuai secara tulis dan lisan? 5) Adakah perbedaan antara keefektifan metode time token dengan metode diskusi? Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. 1) Penulis mendapat nilai 3,8 pada penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan nilai 3,5 pada nilai pelaksanaan pembelajaran. Sehingga, mendapatkan nilai kumulatif 3,65 di kelas eksperimen. Nilai tersebut, termasuk kategori yang sangat baik. 2) Hal ini dapat dibuktikan pada pretes di kelas eksperimen nilai terendah adalah 25, kategori sedang 56, dan nilai tertinggi 79. Sedangkan pada postes, nilai terendah 62, sedang 90, dan tertinggi 100. Selain itu, nilai rata-rata pretes adalah 56,83 sedangkan, posttest adalah 85,86. 3) Pada uji independent sampel t test nilai signifikansinya adalah 0,000<0,05. Maka, terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. 4) Pada hasil uji paired sampels t test, nilai signifikansi (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, metode time token efektif diterapkan. 5)Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 65,39 dan kelas kontrol adalah 27,16. Dengan demikian, Ha diterima sedangkan Ho ditolak karena µ1 > µ2. kata kunci: menulis, berbicara, teks persuasi, dan metode time token.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:41
Last Modified: 06 Sep 2019 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42998

Actions (login required)

View Item View Item