NOFITA, 155030127 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 56 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK NOFITA FIX.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SUNDA.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat seseorang dalam kegiatan menulis pada peserta didik. Rendahnya minat keterampilan menulis terutama dalam menulis teks persuasi. Metode Peer Feedback adalah metode yang digunakan untuk membuat peserta didik dapat memberikan masukan dan kritikan dari sebuah teks persuasi sehingga peserta didik menjadi aktif. Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Metode Peer Feedback untuk Meningkatkan Sikap Integritas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental yaitu Nonequivalent control group design, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,7 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas eksperimen dan 3,6 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas kontrol. Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung mampu menulis teks persuasi menggunakan metode Peer Feedback untuk meningkatkan sikap integritas. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen sebesar 43,4 dan nilai rata-rata pascates sebesar 80,5. Sedangkan nilai rata-rata prates pada kelas kontrol sebesar 36,5 dan nilai rata-rata pascates sebesar 53,6. Nilai tersebut menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 37,1 dan peningkatan pada kelas kontrol sebesar 17,1. Metode Peer Feedback efektif digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada N-Gain, kelas eksperimen sebesar 64,49 dan kelas kontrol sebesar 25,64. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Persuasi, Karakter, Peer Feedback
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 09:55 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 09:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42932 |
Actions (login required)
View Item |