NINDA WATI, 155030087 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS RELEVANSI IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN PASANGAN TUTURAN DALAM TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN METODE EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) adalah metode yang digunakan penulis dalam penelitian. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah perbandingan hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas X. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran dengan baik. Hal tersebut terbukti berdasarkan nilai perencanaan sebesar 3,78 dan nilai pelaksanaan sebesar 3,71. 2) Peserta didik mampu menganalisis relevansi implikatur percakapan dan pasangan tuturan teks negosiasi. Hal tersebut terbukti dari hasil pretes pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 26,44 dan nilai rata-rata postes 75,11. Sementara hasil pretes pada kelas kontrol dengan rata-rata 19,57 dan hasil postes dengan rata-rata 62,97. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan uji Independent Samples Test, yang menunjukkan bahwa nilai signifikan (2-tailed) postes kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 0,001 < 0,05 maka Hipotesis diterima. 4) Metode ECOLA efektif diterapkan. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis uji Paired Samples Test yang menunjukkan bahwa nilai signifikan (2-tailed) untuk pretes dan postes pada kelas eksperimen, yaitu 0.000 < 0.05 maka Hipotesis diterima. 5) Terdapat perbedaan keefektifan metode ECOLA dengan metode diskusi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Independent Samples Test menggunakan data skor gain yang menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) untuk gain pretes dan postes kelas eksperimen dan kontrol, yaitu 0,002 < 0,05 maka Hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dari penelitian pembelajaran menganalisis relevansi implikatur percakapan dan pasangan tuturan dalam teks negosiasi menggunakan metode ECOLA pada peserta didik kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 dikatakan berhasil dengan baik. Kata kunci: metode ECOLA, menganalisis, pembelajaran, negosiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 09:47 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42931 |
Actions (login required)
View Item |