MODEL PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS KOMIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KULAITAS BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WILDA MAULANI, NPM : 168090024 (2019) MODEL PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS KOMIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KULAITAS BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Wilda Maulani.docx

Download (42kB)

Abstract

Maulani, Wilda. 2019. Model Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Komik Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Berbikir Kreatif Siswa Kelas X SMK. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (2) Dr. Sri Marten Yogaswara, M.M. Kata Kunci: Media Komik, Menulis Teks Negosiasi, Berpikir Kreatif Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar. Media komik mampu memberikan informasi secara visual kepada siswa sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar dan berkonsentrasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap peningkatan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan media komik pada pembelajaran menulis teks nagosiasi dan mengetahui dampak dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methode (campuran). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi dan angket skala sikap sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran penerapan media komik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setealah dilakukan uji statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, jumlah nilai kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai maksimum dan minimum, dan menguji hipotesis dengan paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 30.48, dan rata-rata nilai posttest sebesar 79.68. Dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan media komik sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probabilitas atau sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Besarnya dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretest dan posttest sehingga, terdapat peningkatan pembelajaran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian media komik dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran menulis teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:32
Last Modified: 04 Sep 2019 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42806

Actions (login required)

View Item View Item