ANALISIS STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (StudiKasusdi PondokPesantren Modern Darul Halim)

Wafiqa Rafa Abqari, NPM : 178020032 (2019) ANALISIS STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (StudiKasusdi PondokPesantren Modern Darul Halim). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL WAFIQA RAFA.docx

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program yang diterapkan dalam pembentukan karakter islami santri, kinerja yang sudah dicapai di pondok pesanren modern, mengetahui faktor penghambat pembentukan karakter disiplin santri melalui program pengasuhan di pondok pesantren modern Darul Halim serta mengetahui perbaikan dari rencana strategi suntuk pondok pesantren Darul Halim yang dapat meningkatkan karakter islami santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitupenelitian yang di lakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa kondisi real rencana strategis Pondok Pesantren Darul Halim, baik kondisi internal maupuneksterbal, halinidapatdiketahuidengankondisi: (1) masihkurangnyainformasi dan sosialisasisehinggapemahamanwargapondokpesantrenmengenairencanastrategissekolahmasihperluditingkatkankembali, (2) belumterbentuknyatimkhusus yang menyusunrencanastrategisPondokPesantrenDarul Halim sehinggakinerjatidak optimal, (3) pondokpesantrensudahmemakaikurikulumkepesantrenannamunwargapondokpesantrenmasihada yang tidakpaham. Hasil lain menunjukanpembentukkankarakterislami di PondokPesantrenDarul Halim masihbelum optimal, terlihatdarinilai para santrisesuai indicator dariPondokPesantrensertaPermasalahanataukendala yang adadarikondisi real renstraPondokPesantrenDarul Halim saatiniadalahkendala yang penelititemukanberdasarkanstudidokumentasidalamrencanastrategisPondokPesantrenDarul Halim yang sudahadaadalahbelumsesuainyarenstraPondokPesantrenDarul Halim denganrenstraberdasarkanInmendiknas o.1/U/2002. Serta belumadanyatimkhususpenyusunrencanastrategisPondokPesantrenDarul Halim yang mewakilisetiap unit kerja. Kata Kunci: RencanaStrategis, Program, Kinerja

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:43
Last Modified: 30 Aug 2019 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42638

Actions (login required)

View Item View Item