USULAN RANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK BANDUNG)

LESTARI FADLA AZIZI, 143010125 and SYAKUR AMIN, DS (2019) USULAN RANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Lestari Fadla Azizi_143010125_Teknik Industri.pdf

Download (734kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berisi tentang pengukuran kinerja yang dilakukan pada PT Primarindo Asia Infrastructure,Tbk dengan menggunakan metode balanced scorecard (BSC). PT Primarindo Asia Infrastructure,Tbk Bandung telah memiliki visi dan misi yang menjadi landasan dasar bagi perusahaan, dan dalam pengukuran kinerja ini ada empat strategis pada analisis SWOT yang di dapat dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilihat dari perhitungan skor dan bobot sehingga mendapatkan posisi kuadran perusaaan dan dihasilkan bahwa posisi kuadran SWOT yaitu kuadran II yang artinya posisi ini tepat pada strength (kekuatan) dan threat (ancaman) menandakan sebuah organisasi yang kuat namun menghadapi tantangan yang besar. Dari posisi kuadran II ini posisi perusahan memiliki banyak ancaman dari luar tetapi perusahaan meningkatkan atau melawan ancaman tersebut dengan kekuatan yang dimiliki oleh perushaan. Balance scorecard memiliki empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari visi, misi, kualitatif dan kuantitatif SWOT terbentuk kumpulan sasaran strategis yang akan menjadi proses pengukuran kinerja. Sasaran strategis yang sudah terpilih maka di jadikan sebuah peta strategis yang saling berhubungan dengan tercapainya tujuan perusahaan, terdapat 18 (delapan belas) sasaran strategis yang kemudian menentukan perumusan pengukuran strategis BSC dengan adanya ukuran hasil atau lag indicator dan faktor pendorong kinerja atau disebut lead indicator. Kemudian melakukan penentuan performance indicator dan penetapan key performance indicator (KPI) dari empat perspektif balance scorecard . Kata Kunci : Balanced Scorecard, Peta Strategi, Indikator Kinerja Kunc

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:32
Last Modified: 22 Aug 2019 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42618

Actions (login required)

View Item View Item