PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SISWA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas Darul Hikam Bandung)

Abdullah Syuaib, NPM. 178020139 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SISWA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas Darul Hikam Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Abdullah Syuaib_MM copy.docx

Download (39kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, lingkungan sekolah terhadap prestasi siswa dan pembentukan karakter di SMA Daarul Hikam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 122 siswa kelas X dan XI di SMA Darul Hikam Bandung periode 2018/2019 dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan antara kompetensi guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi siswa. Terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan antara Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Siswa terhadap Pembentukan Karakter. Sedangkan, secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Siswa di SMA Daarul Hikam dengan besar pengaruh sebesar 83.5% sedangkan sisanya 16.5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diketahui. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Guru dan Lingkungan Sekolah secara simultan terhadap Prestasi Siswa di SMA Daarul Hikam, dengan besar pengaruh sebesar 88.1% sedangkan sisanya 11.9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diketahui. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah, Prestasi Siswa, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:33
Last Modified: 02 Aug 2019 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42446

Actions (login required)

View Item View Item