MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERACY MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP BERDASARKAN KETANGGUHAN BELAJAR

EKA ROCHANI, NPM : 178060003 (2019) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERACY MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP BERDASARKAN KETANGGUHAN BELAJAR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Eka Rochani.docx

Download (83kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis, mengkaji ketangguhan belajar matematis dan self efficacy dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan ketangguhan belajar serta menganalisis korelasi antara kemampuan literasi dan self efficacy. Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Islam Telukjambe Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya tes kemampuan literasi matematis, angket self efficacy, angket ketangguhan belajar, lembar observasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis, 2) self efficacy siswa dan ketangguhan belajar yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki sikap lebih tinggi, 3) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model Problem Based Learning lebih tinggi berdasarkan ketangguhan belajar (tinggi, sedang, dan rendah), 4) adanya korelasi antara kemampuan literasi matematis dan self efficacy. Kata Kunci:Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Literasi Matematis, Self Efficacy, dan Ketangguhan Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:58
Last Modified: 15 Apr 2019 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42113

Actions (login required)

View Item View Item