ANALISIS TEKNIK VOKAL (SEKAR KAWIH) LAYEUTAN SWARAPOPULER KARYA MANG KOKO KOSWARA PADA LAGU BADMINTONDAN LINGKUNG LEMBUR. Noperdi Akvianatan: 126040049

Noperdi Akvianatan dan Rosikin Wk, S.Sn., M.Sn (2019) ANALISIS TEKNIK VOKAL (SEKAR KAWIH) LAYEUTAN SWARAPOPULER KARYA MANG KOKO KOSWARA PADA LAGU BADMINTONDAN LINGKUNG LEMBUR. Noperdi Akvianatan: 126040049. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVERDI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (339kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Pada skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik vocal pada lagu populer Badbinton dan Lingkung Lembur buah dari karya mang Koko Koswara pada kawih sekar layeutanswara di Yayasan Cangkurileung pipimnan ibu Ida Rosida,S.Snyang berada di kota Bandung Jawa Barat. Adapun analisisnya dari segi kontekstual dari aspek rasa musikal kawih sekar pada karawitan Sunda, khususnya bagi para pelaku sekar kawih pada layeutan swara, anggana, dan rampak sekar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengandesainya secara deskriptif. Adapun data ini diperoleh dengan studi literature, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik data diperoleh berdasarkan reduksi data (data recduction) dan (data display), juga adanya penyimpulan(conclusion)data tersebut berdasarkan hasil penelitian dilapangan.Dan hasil daripenelitian ini telah menunjukan tentang sekar kawih pada karawitan Sunda, yaitu bentuk anggana, rampak sekar, dan layeutan swara memilki teknik vokalyang berbeda, terutama pada tingkat kesulitan pada sekar kawih layeutan swara. Pada layeutan swara pembagian suara dibagi menjadi tiga bagain yaaitu suara 1, suara 2, suara 3, dan sura 4, sementara untuk anggana sekar dan rampak sekar tidak begitu sulit. viiSekar kawih layeutanswara, anggna, dan rampak sekar dari karya mang KokoKoswara terutama pada lagu Badmintondan lingkung lemburini sangat populer dimasyarakat, sehingga setiap kegiatan Pasanggiri selaludiikuti dari bebagai usia, terutama pada tingkat SLTA dan umum.Namun untuk layeutan swara terkadang jarang karena memilki tingkat kesuliatan pengolahan teknik vocal dan harmonisasi yang perlu diperhatikan, para pelatih dan guru kesenian enggan untuk berprosesnya. Maka kegiatan pasanggiri mualai tergeser kegiatannya tidak seperti ditahun 1980 yang sellu marak dislelnggarakan, saat ini yang masih berjalan adalah pasanggiri pada anggana sekar, yang terus produktif, terutama yang diselenggarakanoleh Yayasan Cangkurileung bersama Dinas Pariwisatakota Bandung.Kata Kunci : Analisis, Sekar kawih,Layeutan swara, anngana sekar, rampak sekar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:15
Last Modified: 19 Mar 2019 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41887

Actions (login required)

View Item View Item