PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM KUMPULAN CERPEN KOMPAS 2010 MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK ICB BANDUNG

Elga Rosmawan, 145030021 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM KUMPULAN CERPEN KOMPAS 2010 MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK ICB BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Reciprocal learning adalah model pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman. Pada model pembelajaran ini siswa berperan sebagai guru untuk menyampaikan materi kepada teman-temannya. Sementara itu guru lebih berperan sebagai model yang menjadi fasilitator dan pembimbing yang melakukan scaffolding. Model penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (quasi ek speriment). Bentuk pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. D alam penelitian kuantitatif terbagi lagi menjadi penelitian eksperimen, deskriptif korelasional, evaluasi, dan lain sebagainya. Jenis eksperimen yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design. Jenis nonequivalent control group design ini ha mpir sama dengan pretest posstest control group design, hanya saja pada jenis desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Berdasarkan hasil pengamatan ini diketahui bahwa model pembelajaran reciprocal learning tepat dig unakan dalam pembelajaran menginterpretasi nilai -nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek. Tujuan menggunakan model reciprocal learning adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa, memupuk kerja sama antar siswa, menumbuhkan bakat siswa terutama dalam berbicara dan mengembangkan sikap. Hal ini dibuktikan dengan hasil gain bahwa di kelas eksperimen rata -rata nilai tinggi sebanyak 64,3%, sementara kelas kontrol sebagian besar kategori sedang 29,6%. Artinya model reciprocal learning lebih efektif dibandingkan model guided inquiry. Hal ini juga dibandingkan oleh rumus uji dua rata -rata yaitu 0,000 < 0,05 jadi bias disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini kemampuan siswa anu ngagunakeun model reciprocal learning lebih baik signifikansi di bandingka n model guided inquiry. Kata kunci : Reciprocal learning, scaffolding, quasi eksperiment, deskriptif korelasional, evaluasi, nonequivalent control group design, pretest posstest control group design.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Mar 2019 02:55
Last Modified: 16 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41809

Actions (login required)

View Item View Item