PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Peneliti Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pamuncatan 01 Tahun Pelajaran 2017/2018)

SANTI SOLIHAH, 145060172 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Peneliti Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pamuncatan 01 Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS SANTI FIX.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA SANTI FIX.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda usan fik.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SANTI ACC.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SANTI FIX ACC.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SANTI FIX.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, pemberian metode yang kurang tepat sehingga berdampak pada rendahnya sikap peduli, sikap santun, pemahaman, keterampilan mengkomunikasikan dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertama adanya peningkatan sikap peduli pada siklus 1 mencapai 40%. Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 89%. Kedua, adanya peningkatan sikap santun pada siklus 1 mencapai 29%. Siklus II mencapai 66% dan siklus III mencapai 86%. ketiga, adanya peningkatan aspek pemahaman/kognitif pada siklus 1 mencapai 51%. Siklus II mencapai 71% dan siklus III mencapai 89%. Keempat, adanya peningkatan aspek keterampilan mengkomunikasikan pada siklus 1 mencapai 46%. Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 83%. Kelima, ditunjang dengan adanya peningkatan pada lembar kerja kelompok siklus 1 mencapai 50%. Siklus II mencapai 85% dan siklus III mencapai 100%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman pada kelas IV SDN Pamuncatan 01 dapat meningkatkan sikap peduli, sikap santun, pemahaman siswa, keterampilan mengkomunikasikan dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Mar 2019 09:05
Last Modified: 15 Mar 2019 09:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41791

Actions (login required)

View Item View Item