EFEKTIVITAS TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Fauziyah Astrid, NPM : 178060040 (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ASTRID.docx

Download (22kB)

Abstract

Pemanfaatan informasi teknologi khususnya QR code dalam pendidikan masih kurang. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan QR Code sebagai tekik evaluasi pada pelajaran matematika. Selama ini teknik evaluasi yang digunakan guru adalah teknik evaluasi biasa, sementara itu siswa tampak berharap lebih banyak bantuan dari teman sebayanya dalam mengerjakan soal – soal matematika, dikarenakan juga siswa kurang kreatif dan kurang mandiri dalam mengerjakan soal – soal matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan QR Code sebagai teknik evaluasi pada materi program linear. Pernyataan masalah adalah apakah siswa yang teknik evaluasinya menggunakan aplikasi QR Code kemampuan kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang teknik evaluasinya tidak menggunakan aplikasi QR Code. Jumlah siswa dikelas X jurusan Adminstrasi Perkantoran di SMK Indonesia Raya Bandung tahun pelajaran 2018/2019 adalah 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang teknik evaluasi menggunakan aplikasi QR code kemampuan berpikir kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik evaluasi biasa. Kata Kunci : QR Code, evaluasi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematis, kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Mar 2019 03:17
Last Modified: 11 Mar 2019 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41394

Actions (login required)

View Item View Item