PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DI KELAS X SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WIDYA DWI MARIANA, 145030140 (2019) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DI KELAS X SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENG.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III - baru.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB IV edit baru lagi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menceritakan dalam Kurikulum 2013 merupakan keterampilan berbicara, berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara langsung. Media poster merupakan metode pembelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan peserta didik dengan memerankan diri sebagai tokoh hidup atau benda mati. Oleh karena itu, Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media poster di kelas X SMA PGRI 1 Bandung. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media poste di kelas X SMA PGRI 1 Bandung?; 2) Mampukah peserta didik di kelas X SMA PGRI 1 Bandung menceritakan kembali isi teks biografi?; 3) Efektifkah media poster digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali is teks biografi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meng-etahui kemampuan penulis, dan peserta didik, serta keefektifan media poster.Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi berdasarkan penilaian dengan menggunakan media poster pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Bandung; 2) Siswa kelas X SMA PGRI 1 Bandung mampu menceritakan kembali teks biografi menggunakan media poster; 3) Media poster efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali teks biografi pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dan kontrol jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media poste di kelas X SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,7 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik di kelas X MIPA 2 SMA PGRI 1 Bandung mampu menceritakan kembali isi teks biografi. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 30 dan nilai rata-rata postes 6.2 atau peningkatan sebesar 9,38%; 3) Media poster efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 11,2 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 29.Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan media poster efektif digunakan dalam menceritakan kembali isi teks biografi di kelas X SMA PGRI 1 Bandung. Kata Kunci: Menceritakan, berbicara, teks biografi, media poster.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:21
Last Modified: 11 Mar 2019 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41392

Actions (login required)

View Item View Item