PENGARUH KONSERVATISME LABA, VOLUNTARY DISCLOSURE, LEVERAGE, DAN KETEPATAN WAKTU LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (Studi Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

AHMAD SETIAWAN, 144020007 and Isye Siti Aisyah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing I (2018) PENGARUH KONSERVATISME LABA, VOLUNTARY DISCLOSURE, LEVERAGE, DAN KETEPATAN WAKTU LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (Studi Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
5. BAB I.docx

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (442kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salah satu informasi dalam laporan keuangan yang paling banyak diperhatikan dan dinantikan informasinya adalah laporan laba rugi, suatu laporan yang memberikan informasi mengenai laba (earning) yang dicapai oleh perusahaan dalam suatu periode. Laba merupakan informasi yang ditunggu-tunggu oleh pasar dan masih diyakini sebagai informasi utama yang memiliki kandungan informasi karena dapat mempengaruhi investor dalam membuat keputusan membeli, menjual atau menahan sekuritas yang diterbitkan oleh perusahaan. Namun demikian, laba itu sendiri memiliki keterbatasan yang dipengaruhi oleh asumsi perhitungan dan juga kemungkinan manipulasi yang dilakukan oleh manajemen perusahaan sehingga dibutuhkan informasi lain selain laba untuk memprediksi return saham perusahaan yaitu koefisien respon laba atau disebut juga dengan earning response coefficient. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai pengaruh Konservatisme Laba, Voluntary Disclosure, Leverage dan Ketepatan Waktu Laporan Keuangan terhadap Earning Response Coefficient (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 22 perusahaan. Teknik sampling dalam penelitian ini Non Probability Sampling dengan menggunakan Teknik Purposive Samling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 11 perusahaan. Teknik Analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah Uji Aaumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Korelasi, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Konservatisme Laba tidak berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Voluntary Disclosure berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Leverage berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Ketepatan waktu laporan keuangan berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Konservatisme Laba, Voluntary Disclosure, Leverage dan Ketepatan Waktu Laporan Keuangan berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient. Kata Kunci: Konservatisme Laba, Voluntary Disclosure, Leverage, Ketepatan Waktu Laporan Keuangan, Earning Response Coefficient.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 06 Mar 2019 10:36
Last Modified: 06 Mar 2019 10:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41195

Actions (login required)

View Item View Item