PENERAPAN MODEL INKUIRI TERENCANA DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YULI PUSPITASARI, NPM. NPM 115030168 (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERENCANA DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YULI PUSPITASARI_MBI - Copy.docx

Download (22kB)

Abstract

Membaca adalah suatu kegiatan untuk mengolah informasi dan pengalaman yang telah dipunyai sebelumnya dalam proses belajar. Model inkuiri terencana, merupakan salah satu bentuk model pembelajaran aktif yang diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan berpikir kritis siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis teks eksposisi sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri terencana; mengetahui peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menggunakan model inkuiri dengan siswa yang menggunakan model konvensional; membedakan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Terdapat peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menganalisis teks melalui model inkuiri terencana dnegan yang menggunakan model konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada peningkatan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan menggunakan tipe Eksplorasi Sekuensia.Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif secara bersama-sama dalam waktu yang sama. Data kualitatif melalui pengumpulan data penerapan model inkuiri, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan menganalisis teks eksposisi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Inkuiri Terencana dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Eksposisi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kata kunci: Model Inkuiri Terencana, Menganalisis Teks Eksposisi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:56
Last Modified: 04 Mar 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41075

Actions (login required)

View Item View Item