AZKA AZKIA, 145030121 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN BERFOKUS PADA UNSUR KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Skripsi BI.117.XI.2018.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Basa Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian Teoretis.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah pemahaman dan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan, terutama pada unsur kebahasaan. Usaha untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan berfokus pada unsur kebahasaan pada penelitian ini menggunakan model think talk write. Model think talk write memiliki tujuan supaya peserta didik lebih fokus pada proses pembelajaran. Tujuan lain model think talk write ialah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan terutama pada unsur kebahasaan. Subjek penelitian ini adalah kelas XII MIPA 4. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental dengan desain pre-eksperimental bentuk one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan model think talk write. Terbukti pada perolehan nilai perencanaan pembelajaran sebesar 3,77 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,63 pada pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan berfokus pada unsur kebahasaan dengan rata-rata 3,70. 2) peserta didik SMA Pasundan 2 Bandung kelas XII MIPA 4 mampu menulis surat lamaran pekerjaan berfokus pada unsur kebahasaan menggunakan model think talk write. Terbukti dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 46,73 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,40. 3) model think talk write efektif digunakan dalam pembelejaran menulis surat lamaran pekerjaan berfokus pada unsur kebahasaan pada peserta didik SMA Pasundan 2 Bandung kelas XII MIPA 4. Terbukti dengan hasil uji t yang menunjukkan thitung, yaitu 7,76 > 2,04 dengan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci: menulis, unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan, model think talk write.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 03:41 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41042 |
Actions (login required)
View Item |