TAQIYYA MAIZURA, 145030125 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA INSAN MANDIRI BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (942kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MA Insan Mandiri Bandung yang berjumlah sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin ini adalah dengan data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, tes dan analisis. Tes dalam penelitian ini berupa pretes dan postes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi sesuai struktur dan kebahasaan, setelah data dikumpulkan maka akan dilakukan analisis untuk mendapatkan hasil yang akurat dan digunakan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penghitungan dilakukan menggunakan bantuan SPSS seri 17.0. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis pernyataan yang terdapat di dalam rumusan masalah yaitu: (1) kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas XI MA Insan Mandiri Bandung; (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan memproduksi teks eksplanasi antara peserta didik yang diberi pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui strategi 3W2H dan peserta didik yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi 3W2H; (3) penerapan pendekatan konstruktivisme melalui strategi 3W2H efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI; (4) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi menggunakan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui strategi 3W2H pada kelas eksperimen dengan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi menggunakan metode diskusi kelompok pada kelas kontrol. Kata Kunci : Pendekatan konstruktivisme, strategi 3W2H, dan teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 05:01 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 05:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40805 |
Actions (login required)
View Item |