PERAN CELEBRITY ENDORSER DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PRODUK MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG

Fina Dwi Nur Alifah, 172050385 (2019) PERAN CELEBRITY ENDORSER DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PRODUK MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FINA.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Fina Dwi Nur Alifah, 172050385, mahasiswa Program Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan. Penelitian ini Berjudul, Peran Celebrity Endorser Dalam Media Sosial Instagram Pada Produk MayOutfit di Kota Bandung. Dosen Pembimbing Dr. Sutrisno, M.Si. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran celebrity yang dilakukan MayOutfit dalam pemanfaatan trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan simillarity dari Dinda dalam kegiatan celebrity endorser. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Konsep yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Lima Dimensi Endorser oleh Terence A. Shimp. Subjek penelitiannya adalah pihak-pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan celebrity endorser yang dilakukan MayOutfit. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penentuan key informan dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) MayOutfit memanfaatkan trustworthiness yang dimiliki Dinda dengan memanfaatkan “ketenaran” yang ada pada dirinya sebagai alat promosi dan memanfaatkan “eksistensi” yang didapat dan akhirnya menumbuhkan simpati yang berujung dengan rasa percaya pada publik. 2) Dalam expertise, MayOutfit memanfaatkan keahlian Dinda dalam mengeksplor dirinya pada sebuah foto sehingga mampu menonjolkan bagian yang menarik pada sebuah produk. 3) MayOutfit memanfaatkan attractivenes Dinda melalui fisik yang menarik dan kemampuannya dalam menarik perhatian publik dan memanfaatkan kesamaan gaya berpakaian antara selebriti dengan perusahaan. 4) Respect dari Dinda dimanfaatkan oleh MayOutfit untuk menumbuhkan respect positif bagi perusahaan dan menggunakan Dinda yang minus dari pemberitaan negatif. 5) MayOutfit memanfaatkan similarity antara Dinda dengan target sasaran berdasarkan usia dan gaya busana sehingga pesan dapat diterima. Saran yang dapat diberikan dari peneliti adalah dengan membangun interaksi langsung dengan followers sehingga trustworthiness yang ada pada selebriti dapat dimanfaatkan lebih baik lagi serata melakukan inovasi dengan mengubah format foto menjadi video, menambahkan informasi yang detail mengenai produk di akun selebriti serta menggunakan #mayoutfit atau yang lainnya untuk mempermudah pencarian produk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Feb 2019 03:28
Last Modified: 22 Feb 2019 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40736

Actions (login required)

View Item View Item