KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP NOVEL SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

JOKO PURNOMO, NPM : 168090016 (2018) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP NOVEL SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana Unpas.

[img] Text
Joko Purnomo 168090016 ARTIKEL Jurnal.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy ditinjau dari kajian psikologi sastra berorientasi nilai pendidikan karakter. Hal ini direlevansikan dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi di SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumennya berdasarkan peneliti itu sendiri dengan menggunakan studi pustaka dan studi dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian berupa data dari hasil mengkaji tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy berdasarkan kajian psikologi sastra yang berorientasi nilai pendidikan kaarakter. Data tersebut meliputi tokoh utama dan tokoh tambahan yang digambarkan dengan teknik penggambaran penokohan, meliputi: teknik pikiran dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik tingkah laku, dan teknik cakapan. Kemudian data selanjutnya dikaji berdasarkan psikologi sastra, sehingga memperoleh hasil tokoh dan penokohan ditinjau dari aspek kepribadian, yaitu id, ego, dan superego. Kemudian hasil kajian psikologi sastra tersebut diorientasikan berdasarkan nilai pendidikan karakter, sehingga memperoleh lima nilai pendidikan karakter, yaitu: nilai karakter religius, nilai karakter nasionalis, nilai karakter integritas, nilai karakter mandiri, dan nilai karakter gotong royong. Data selanjutnya diperoleh melalui expert judgment dengan tiga ahli yang berprofesi satu sebagai non guru, dan dua sebagai guru Bahasa Indonesia mengenai relevansinya dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di SMK. Hasil kajian psikologi sastra berorientasi nilai pendidikan karakter terhadap novel Pudarnya Pesona Cleopatra dilihat dari tuntutan kurikulum, aspek latar belakang budaya sosial, psikologis, dan kebahasaan dikategorikan sebagian dapat dijadikan materi bahan ajar di SMK. Kata Kunci: kajian psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Feb 2019 03:04
Last Modified: 22 Feb 2019 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40734

Actions (login required)

View Item View Item