EVALUASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Benchmarking Kompetensi Guru Kejuruan di SMKN 8 Bandung dengan SMKN 2 Kasihan Bantul)

SANTI AMBARRUKMI, NPM: 139020037 (2019) EVALUASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Benchmarking Kompetensi Guru Kejuruan di SMKN 8 Bandung dengan SMKN 2 Kasihan Bantul). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Santi Ambarrukmi.docx

Download (82kB)

Abstract

Pengembangan kompetensi guru penting dilakukan melalui berbagai cara salah satunya dengan evaluasi kebijakan. Evaluasi kebijakan dapat dirancang dengan menggunakan beberapa pendekatan atau model. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model benchmarking dalam upaya untuk mengembangkan kompetensi guru melalui evaluasi kebijakan. Penelitian ini menggunakan mix method dengan model concurrent triangulation design. Sampel penelitian kuantitatif diambil dari populasi guru PNS jenis guru produktif di Kota Bandung (n=366) guru dan kabupaten Bantul (n=290) guru. Hasil penelitian menunjukan adanya kesenjangan kinerja managemen guru antara SMKN 8 Bandung dengan SMKN 2 Bantul. Faktor kritikal yang ditemukan di SMKN 2 Bantul adalah berhasil dirumuskannya visi misi, profil lulusan dan level kompetensi secara lebih spesifik sehingga menunjang keberhasilan kinerja SMKN 2 Bantul. Masalah ini yang tidak ditemukan di SMKN 8 Bandung. hasil penelitian dapat kami simpulkan bahwa model benchmarking strategi dapat dikreasi antara sekolah dengan kinerja rendah dengan sekolah yang berkinerja bagus. Kata kunci: model benchmarking, strategi benchmarking, evaluasi kebijakan, kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:11
Last Modified: 11 Mar 2019 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item