PENDEKATAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 SUMEDANG

Elin Yuliantin, NPM. 148060031 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 SUMEDANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel jurnal elin jadi - Copy.docx

Download (25kB)

Abstract

Pendekatan mind mapping untuk meningkatkan penalaran dan aktivitas belajar siswa. Kemampuan penalaran dan aktivitas belajar siswa merupakan aspek penting yang harus dikuasai siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah dengan pendekatan mind mapping. Mind mapping dapat membuat penalaran matematis siswa meningkat dan berakibat pada peningkatan hasil pembelajaran. Aktivitas belajar siswa merupakan salah satu pendukung meningkatnya hasil pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilakukan terhadap siswa kelasVII di SMP Negeri 5 Sumedang sebanyak 2 kelas. Intrumen yang dugunakan adalah instrument tes dan non tes. Pengolahan data yang digunakan adalah uji-t. hasil penelitian menerangkan bahwa : (1) Pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa; (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi siswa; (3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan Pendekatan pembelajaran Mind Mapping dan siswa yang menggunakan metode Konvensional. Kelas dengan pembelajaran dengan pendekatan mind mapping lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional; (4) Aktivitas siswa dalam Pembelajaran Matematika menggunakan Pendekatan pembelajaran Mind Mapping pada semua indikator memiliki interpretasi baik; (5) Terdapat hubungan (korelasi) antara kemampuan Penalaran dan Motivasi siswa dimana semakin baik kemampuan penalaran matematis siswa, ditunjang dengan semakin baiknya aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Pendekatan Mind Mapping, Kemampuan Penalaran, Aktivitas Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Dec 2018 09:37
Last Modified: 21 Dec 2018 09:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40268

Actions (login required)

View Item View Item