PEMBELAJARAN SINEKTIK DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Imas Encas Suhelah, NPM : 168060062 (2018) PEMBELAJARAN SINEKTIK DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
artikel Imas Encas MPM.docx

Download (24kB)

Abstract

Abstrak : Sinektik Open ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self confidence Siswa. Kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa merupakan aspek penting yang harus dikuasi siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah adalah dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat. Sinektik open ended adalah sebuah metode pembelajaran yang inovatif yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam pembelajaran. Permasalahan dengan jawaban yang open ended membuat siswa memiliki kreatifitas dan kemampuan yang handal dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis. Metode penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan eksperimental melalui penelitian tindakan kelas dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 5 Sumedang kelas VII, dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas. Intrumen yang digunakan adalah intrumen tes dan non tes. Pengolahan data menggunakan uji statistik ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) self confidence siswa pada kelas sinektik dengan pendekatan open ended pada semua indikator self confidence lebih baik ari pada kelas sinektik dan kelas konvensional, kecuali pada indikator mampu memandang keberhasilan dan kegagalan bergantung pada usaha sendiri, kelas sinektik lebih baik daripada kelas sinektik dengan pendekatan open ended dan kelas konvensional; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan self confidence tinggi di kelas sinektik dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa kelompok self confidence tinggi di kelas konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self confidence tinggi dan rendah di kelas sinektik dan kelas sinektik dengan pendekatan open ended lebih baik dari pada siswa kelompok self confidence tinggi dan rendah di kelas konvensional; (4) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis, kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Kata kunci : Sinektik, Pendekatan Open ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self confidence.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:25
Last Modified: 17 Dec 2018 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40262

Actions (login required)

View Item View Item