ANALISIS KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN (STUDI KASUS PADA PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS CIBEUREUM) ANALYSIS OF HEALTH BPJS PARTICIPANTS SATISFACTION (CASE STUDY ON FORMULATION OF INCREASING STRATEGIESEMPLOYEE COMPETENCE IN CIBEUREUM HEALTH CARE SERVICES)

Astri Fitran Wilantari, NPM : 158020207 (2018) ANALISIS KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN (STUDI KASUS PADA PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI PADA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS CIBEUREUM) ANALYSIS OF HEALTH BPJS PARTICIPANTS SATISFACTION (CASE STUDY ON FORMULATION OF INCREASING STRATEGIESEMPLOYEE COMPETENCE IN CIBEUREUM HEALTH CARE SERVICES). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Astri Fitran Wilantari.docx

Download (26kB)

Abstract

Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan (UUD 1945 pasal 28H ayat 1). Oleh sebab itu pemerintah membuat sebuah UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Puskesmas Cibeureum, Cimahi yang merupakan salah satu penyelenggara layanan kesehatan di kota Cimahi yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan sudah seharusnya memberikan pelayanan yang terbaik. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Cibeureum, sebesar 85% pembentuk kepuasan pasien adalah kompetensi pegawai, oleh sebab itu peneliti ingin meneliti tentang kepuasan pasien perserta BPJS kesehatan dan perumusan kebijakan kompetensi pegawai pada pelayanan kesehatan Puskesmas Cibeureum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan, mengkaji kendala yang terjadi dalam proses peningkatan kepuasan peserta BPJS Kesehatan di lihat dari aspek kompetensi petugas, dan untuk merumuskan strategi manajemen untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan khususnya melalui peningkatan kompetensi pegawai yang terkait dengan layanan pasien BPJS di Puskesmas Cibeureum Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan designembedeed sebagaimana disarankan oleh Craswel dalam Indrawan dan Yaniawati (2016)6. Dengan dominan menggunakan teknik pengumpulan data dan teknik analisis kualitatif namun menyisipkan teknik pengumpulan data dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan dan kinerja pelayanan di Puskesmas Cibeureum berada pada kriteria B, kendala yang terjadi dalam proses peningkatan kepuasan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan yakni kendala program berasal dari konsep yang dibawa secara nasional dan kendala manajerial berasal dari permasalahan internal Puskesmas. Strategi yang harus dirumuskan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan, yakni kompetensi teknis dan kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kebijakan. Kata Kunci: Kepuasan Peserta BPJS, Perumusan Strategi, Kompetensi Pegawai

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:11
Last Modified: 21 Nov 2018 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40229

Actions (login required)

View Item View Item