“PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD KECAMATAN CIBEUNYING KALER”

Tavif Ambang Jaya, 145060044 (2018) “PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD KECAMATAN CIBEUNYING KALER”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover ...pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA PDF TAVIF.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS PDF TAVIF.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA PDF TAVIF.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Tavif Revisi 9 buk tatik PDF.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tavif.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Skripsi Tavif.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB IV tavif revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V tavif revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pengelolaan kelas dan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar siswa, bagaimana keadaan motivasi belajar siswa, bagaimana kegiatan atau kualitas kegiatan yang dilakukan oleh guru, apakah guru selalu membuat dan menggunakan media pembelajaran, apakah terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa, dan apakah terdapat hubungan antara penggunaan media dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah dasar di kecamatan cibeunying kaler, kelas yang diteliti ialah kelas kelas IV dimasing-masing sekolah tersbut. Setiap kelas yang diteliti diberi angket sebanyak 3 jenis dan masing-masing angket tersebut memiliki 40 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas dan keadaan moti vasi belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas kegiatan yang dilakukan guru dalam mengajar dan menata lingkungan sekolah, terdapat hubungan yang signifikan antara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa, dan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan gambaran motivasi belajar siswa sekolah dasar dan dapat membantu pendidik dalam memberikan perlakuan yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Media Pembelajaran, Motivasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Oct 2018 07:08
Last Modified: 29 Oct 2018 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40043

Actions (login required)

View Item View Item