PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Sidamukti 2 Kabupaten Majalengka Kelas IV Semester II Tahun Akademik 2017/2018)

ARIES BUDIMAN, 135060318 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Sidamukti 2 Kabupaten Majalengka Kelas IV Semester II Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Sunda.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I - Pendahuluan.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II - Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III - Metode Penelitian.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV - Hasil Penelitian Dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
9. BAB V - Simpulan Dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidamukti 2 pada subtema lingkungan tempat tinggalku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Peneliti ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa dikelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Peneliti ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penelitian pelaksanaan pembelajaran, lembar sikap, lembar keterampilan dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningktkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase rasa ingin tahu dalam belajar pada siklus I 12,5% ada peningkatan di siklus II sebesar 45% dan meningkat di siklus III sebesar 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I adalah 30% meningkat pada siklus II menjadi 65% dan tuntas pada siklus III menjadi 87,5%. Sedangkan untuk keterampilan mengalami ketuntasan pada siklus II hasil dari siklus I adalah 22,5% meningkat menjadi 82%. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning terbukti sangat sangat berpengaruh terhadap peningkatan terhadap sikap rasa ingin tahu, hasil belajar dan keterampilan siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:23
Last Modified: 25 Oct 2018 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item View Item