PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN REWARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA (SAINTIFIC APPROACH WITH REWARD IN IMPROVING STUDENTS UNDERSTANDING AND PERCEPTION OF MATHEMATICS)

Anna Mariana, NPM : 148060048 (2018) PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN REWARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA (SAINTIFIC APPROACH WITH REWARD IN IMPROVING STUDENTS UNDERSTANDING AND PERCEPTION OF MATHEMATICS). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Anna Mariana.docx

Download (27kB)

Abstract

Pendekatan saintifik dengan reward dalam meningkatkan pemahaman matematika dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika kelas X SMKN 10 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui pendekatan saintifik dengan reward, pemahaman matematika siswa dapat meningkat, persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika lebih positif dan aktivitas di kelas menjadi aktif. Penilitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen tipe embeded dengan tiga perlakuan di tiga kelas berbeda. Kelas eksperimen pertama diberi perlakuan pendekatan saintifik dengan reward, kelas eksperimen kedua diberi perlakuan pendekatan saintifik tanpa reward, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatanpemahaman matematika antara kelas saintifik dengan reward, kelas saintafik tanpa reward dan kelas kontrol, terdapat perbedaan pemahaman antara kelas saintifik dengan reward dan kelas saintifik tanpa reward, begitu juga ada perbedaan pemahaman antara kelas saintifik tanpa reward dan kelas kontrol. Hasil penelitian juga memperlihatkan adanya perbedaan persepsi siswa dalam pembelajaran matematika antara kelas saintifik dengan reward, kelas saintifik tanpa reward dan kelas kontrol. Persepsi siswa lebih positif dan aktivitas di kelas lebih aktif pada kelas saintifik dengan reward dibandingkan dengan kelas saintifik tanpa reward dan kelas kontrol. Kata Kunci: Pendekatan saintifik, pemberian reward, persepsi, pemahaman matematis, pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:28
Last Modified: 24 Oct 2018 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39802

Actions (login required)

View Item View Item