PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERDAYAAN JENIS PERTANYAAN DIVERGEN DALAM MENGANALISIS TEKS EDITORIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Kelas XII SMKN 3 Bandung)

Sugiharti, NPM. 168090018 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERDAYAAN JENIS PERTANYAAN DIVERGEN DALAM MENGANALISIS TEKS EDITORIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Kelas XII SMKN 3 Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL Sugiharti_BI - Copy.rtf

Download (604kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan hal penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Problem Based Learning dengan pemberdayaan jenis pertanyaan divergen merupakan model pembelajaran saintifik yang berbasis pada masalah dengan memfokuskan sintaks merumuskan dan menganalisis masalah pada penggunaan jenis pertanyaan divergen atau pertanyaan yang meminta jawaban hasil analisis, evaluasi, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan jenis pertanyaan divergen dalam penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran menganalisis teks editorial dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian penyisip (embedded design). Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilaksanakan di Kelas XII SMKN 3 Bandung. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XII AP-1 yang terdiri dari 40 peserta didik dan Kelas XII AP-4 yang terdiri dari 37 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan pemberdayaan jenis pertanyaan divergen dapat mengefektifkan kegiatan pembelajaran dengan sangat baik; menciptakan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan sangat baik; mengembangkan nalar peserta didik dengan merumuskan jenis pertanyaan divergen sebesar 87%; menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menganalisis dan berpikir kritis yang signifikan dengan kelas kontrolnya; dan hasil uji-t menyatakan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan pemberdayaan jenis pertanyaan divergen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, sebaiknya guru mengimplementasikan hasil penelitian ini dalam kegiatan pembelajaran dan diharapkan ada peneliti yang melakukan penelitian terkait pemberdaryaan jenis pertanyaan divergen dalam pembelajaran. Kata Kunci: problem based learning, pertanyaan divergen, teks editorial

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Oct 2018 02:02
Last Modified: 23 Oct 2018 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39558

Actions (login required)

View Item View Item