RIZKI SITTI RACHMAWATI, 145040139 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL “BEBENTENGAN” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN SUNDA.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran biologi saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang sesuai, penggunaan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang selalu pasif, termasuk kurangnya guru dalam memperhatikan keadaan dan minat siswa didalam kelas. Banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk merangsang dan meningkatkan daya pikir siswa, diantaranya melalui Model pembelajaran berbasis etnopedagogik dimana model pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai kearifan budaya lokal bangsa yang menggunakan salah satu permainan budaya sunda yaitu “bebentengan”. Bebentengan adalah permainan anak-anak yang dimainkan oleh 2 kelompok yang masing-masing memiliki benteng yakni dari bata atau batu yang dikaitkan dengan materi biologi mengenai sistem gerak pada tubuh manusia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui proses penguasaan konsep siswa di kelas XI pada mata pelajaran Biologi materi sistem gerak di SMA Puragabaya Bandung dan model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep kelas XI di SMA Puragabaya Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode design eksperimen, subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Puragabaya Bandung tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan 1 kelas yaitu kelas eksperimen, dengan pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes penguasaan konsep, lembar kerja peserta didik (LKPD) dan lembar observasi untuk siswa. Data hasil peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh dari hasil posttest dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS v23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasan konsep siswa tentang sistem gerak awal siswa (pretest) diperoleh nilai rata-rata 7.50 dan penguasan konsep siswa setelah pembelajaran meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata (posttest) sebesar 8.34 Kata kunci: Etnopedagogik, Bebentengan, Penguasaan Konsep, Sistem Gerak.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 02:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39365 |
Actions (login required)
View Item |