PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS

Iit Oktaviani Patonah, 145040101 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan sukarnya siswa dalam memahami materi virus kelas X di MA Plus Darul Hufadz. Hal ini dikarenakan proses pengajaran masih menggunakan metode ceramah dan adanya kesu litan siswa dalam memvisualisasikan bentuk virus yang bersifat mikroskopis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah penerapan model pembelajaran Probelm Based Learning (PBL) yang terintegrasi media tiruan pada materi virus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A di MA Plus Darul Hufadz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pre-test and Post-test. Pretest. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 36,77 % dan nilai rata-rata posttet siswa adalah 76,45%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software IBM SPSS 20.00 for windows yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis dan hipotesis nilai signifikan dengan uji t adalah 0,00 atau lebih kecil dari 0,05. Maka kesimpulan yang dapat di ambil bahwa Ha diterima atau terdapat perbedaan antara data pretest dan posttest serta menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi media tiruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus. Kata Kunci: Model PBL, Media Tiruan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:50
Last Modified: 18 Oct 2018 01:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39359

Actions (login required)

View Item View Item