HARDIANTI WIDIA ANGGRAENI, 145040124 (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN REAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ANTI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ANTI.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ANTI.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
Text
BAB V ANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAPUS ANTI.pdf Download (520kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan problem based learning berbasis lingkungan real terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 30 orang di SMA Negeri 6 Bandung. Hasil penelitian pada kemampuan memecahkan masalah didapatkan rata-rata persentase 80,6% dengan kategori baik dan pada ranah kognitif didapatkan nilai rata-rata Pretest sebesar 55,5 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 77,6 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan nilai N-Gain tertinggi sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan nilai terkecil sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sedangkan, hasil keterlaksanaan sintaks problem based learning berbasis lingkungan real mendapatkan persentase 80% dengan kategori baik. Demikian dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui problem based learning berbasis lingkungan real dapat mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Lingkungan Real, Kemampuan Memecahkan Masalah, Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa, Konsep Keanekaragaman Hayati
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 08:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 08:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39355 |
Actions (login required)
View Item |