CACARIANI, 145040026 (2018) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya nilai rata-rata ulangan yang diperoleh siswa, yaitu 62, sedangkan kriteria ketuntasan belajar untuk pelajaran biologi di sekolah adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada konsep keanekaragaman hayati setelah diterapkan model Learning Cycle melalui pendekatan lingkungan. keterampilan proses sains yang diamati meliputi keterampilan mengobservasi, komunikasi, mengklasifikasikan dan menyimpulkan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi Eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest yang melibatkan satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 20 soal pilihan ganda yang sudah diujicobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian di dapatkan rata-rata pretest sebesar 32,85 dan rata-rata posttest sebesar 85,05. Hasil perhitungan uji t berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan hasil > yaitu sebesar 12,61 > 2,84. Hasil uji hipotesis tersebut didukung oleh hasil data angket yang menunjukkan hampir seluruh siswa memperlihatkan respon yang positif terhadap pembelajaran. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle mealui pendekatan lingkungan sangat efektif, terbukti dengan rata-rata kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah 91,04% dan oleh siswa 85,56%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan model Learning Cycle melalui pendekatan lingkungan dengan pencapaian rata-rata N-Gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi. Kata Kunci: Model Learning Cycle, Lingkungan, Keterampilan Proses Sains, Keanekaragaman Hayati
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39264 |
Actions (login required)
View Item |