Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel

Devi Ayu Mayang Sari, 145040130 (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER(1).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(1).pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(1).pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Kartika XIX-1 Kota Bandung berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas XI di SMA Kartika Siliwangi XIX-1 Kota Bandung di kelas eksperimen dan Kelas kontrol pada konsep sel disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan permainan hompimpa. Sebagai acuan pokok terhadap masalah yang akan diteliti, sehngga peneliti dapat bekerja secara terarah dalam mencari data sampai pada tingkat pemecahannya. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain"adalah Nonequivalent Control Group Disign". Subjek penelitian adalah kelas eksperimen dan kontrol tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa. instrumen yang digunakan yaitu berupa data utama untuk mengukur ranah kognitif 30 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencampaian indikator pembelajaran soal yang diambil sebanyak 25 soal yang signifikan. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 43,43 dan rata-rata posttest sebesar 85,49 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol yaitu didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 51,07 dan rata-rata posttest sebesar 57,47. setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Selain ranah kognitif diukur juga ranah afektif dan psikomotor. Ranah afektif yaitu penilaian minat siswa tehadap hasil belajar pada Biologi konsep sel. Siswa menunjukan rata-rata respon positif yang cukup baik dan respom siswa yang sangat positif. Begitupun dinilai dari ranah psikomotor dikategorikan dengan kriteria baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments, Hompimpa, Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:36
Last Modified: 17 Oct 2018 01:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39242

Actions (login required)

View Item View Item