PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BLOG (VLOG) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ASRI FAUZIYAH NUR AZIZAH, 145030034 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BLOG (VLOG) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Sunda.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 menceritakan kembali isi teks biografi merupakan keterampilan berbicara. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang?; 2) Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi sebelum diberikan perlakuan?; 3) Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi sesudah diberikan perlakuan?; 4) Bagaimana efektivitas penggunaan media video blog (blog) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa di kelas eksperimen? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperiment jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,88 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta Peserta didik di kelas X SMAN 1 Soreang mampu mengikuti pembelajar-an menceritakan kembali isi teks biografi dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 61,10 dan nilai rata-rata postes 89,80 atau peningkatan sebesar 30%. 3) Media video blog (vlog) bagi pembelajaran siswa menceritakan kembali isi teks biografi di kelas X SMAN 1 Soreang. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 21,79 > 2,09 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 19. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran media video blog (vlog) efektif digunakan menceritakan kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Kata Kunci: Menceritakan, berbicara, isi teks biografi, media video blog (vlog).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Oct 2018 08:26
Last Modified: 04 Sep 2019 12:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39241

Actions (login required)

View Item View Item