Melinda Lugi Utami, 145060189 (2018) PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
daftar pustakaaaaaaaaaaaaaa.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas VA SD Negeri Cicalengka 07. Hal ini dikarenakan pendidik belum melibatkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran sehingga tidak berpusat pada peserta didik. Pembelajaran masih menerapkan model konvensional, karena peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penggunaan model Contextual Teaching and Learning pada subtema Manusia dan Lingkungan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 30 orang menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 73% dan pada siklus II mencapai 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 77 dan pada siklus II sebesar 91. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model contextual Teaching and Learning dapat hasil belajar peserta didik pada subtema Manusia dan Lingkungan. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 07:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39197 |
Actions (login required)
View Item |