Dayanti Sukmawati, 145060167 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
abstak Bahasa Indonesia.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Basa Sunda.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan merupakan salah satu strategi pembelajaran yang inofatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif pada siswa. Berdasaarkan observasi awal di Kecamatan Bojongloa Kaler diidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang dan kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah . 2) Mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 3) Mendeskripsikan besarnya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dilakukan di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung dengan populasi sebanyak 100 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket, dokumentasi, dan wawancra. Uji coba instrument angket menggunakan uji validitas dan uji reabilitas pada 32 butir pernyataan dan diperoleh titik kritis reliable 0,998. Analisis data yang digunakan uji hipotesis klasik dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah 72,1 dengan kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan straetegi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengantaraf signifikan a=0,05, dengan t hitung>t tabel atau 4941> 1985 maka Ha diterima, artinya signifikan. Besaran pengaruh Strategi pembelajaran berbasis masalah dilihat dari nilai KD (R-Square) bernilai 0,199 atau 19,9%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan kontribusi/pengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis sebesar 19,9%, sedangkan sisanya sebesar 100%-19,9%= 80,1 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:29 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39107 |
Actions (login required)
View Item |