TRIE NOVIA MUTHMAINAH, 135060200 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester 1 SDN Bongas Cililin Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRISSSS.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PDF.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 PDF.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli, percaya diri dan rasa ingin tahu serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Benda – Benda di Lingkungan Sekitar, subtema Wujud Benda dan Cirinya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas V sebagai observer. PTK ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bongas Cililin, sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap peduli, dan santun. Sikap peduli cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa.Sikap santun cenderung berada pada kategori belum terlihat (BT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M). Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 45% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang siswa atau sebesar 55%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 27%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategor cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learninguntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Wujud Benda dan Cirinya. Kata Kunci: Model Discovery Learning,Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:16 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38693 |
Actions (login required)
View Item |