Fahru Ramdani, 145060103 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas IV Pada Tema I Indahnya Kebersamaan Subtema 2 SDN Tugu Kabupaten Bandung Barat Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I .pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar siswa, yang mengakibatkan pembelajaran kurang efektif. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi, pembelajaran hanya berjalan satu arah dengan menggunakan motode ceramah, yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran siswa yang dapat memperlihatkan rasa percaya diri serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi atau pemberian rangsangan, identifikasi masalah , pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas, lembar observasi RPP dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan sikap rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Terlihat dari penilaian sikap rasa percaya diri yang pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, dari siklus I yang awalnya 26% kategori MT (Mulai Terlihat) meningkat menjadi 44% kategori MT (Mulai Terlihat) pada siklus II, dan pada siklus III menjadi 81% kategori MB (Mulai Berkembang). Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 70% dan pada siklus III menjadi 87%.. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:04 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38690 |
Actions (login required)
View Item |