PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok)

Eka Nur Helawati Yusuf, 145060104 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IVB SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok menunjukkan bahwa masih rendahnya kerjasama dan hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerjasama peserta didik siklus I sebesar 42% siklus II sebesar 71% dan siklus III sebesar 83%, serta hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring berjalannya pertemuan siklus I sebesar 54% siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 83%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagaman di Kelas IVB SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Discovery Learning. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Kerjasama, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:49
Last Modified: 12 Oct 2018 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38650

Actions (login required)

View Item View Item