ADITYA PERMANA, 145060208 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Sawah Lega 1 Kec.Cicalengka Kab.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak inggris.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda .pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (917kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV B SD Negeri Sawah Lega 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kerjasama dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,3 yang termasuk ke dalam kategori kurang dengan persentase ketuntasan mencapai 44,44% berjumlah 16 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama pada siklus I sebesar 56% yang dikategorikan rendah. Pada siklus II jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 74,2 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 50% atau berjumlah 18 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase penilaian kerjasama sebesar 69% yang dikategorikan sedang. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 76,67 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 83,3% atau berjumlah 30 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama sebesar 84% yang dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kerjasama, Hasil Belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 08:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 08:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38622 |
Actions (login required)
View Item |