PEMBELAJARAN MEMBUAT SINOPSIS TENTANG ISI BUKU NONFIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Vidharia Fitriyanti, 135030125 (2018) PEMBELAJARAN MEMBUAT SINOPSIS TENTANG ISI BUKU NONFIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I skrpsi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II skripsi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III skripsi.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Sinopsis adalah ringkasan cerita dari alur yang panjang menjadi cerita singkat namun dapat menjelaskan secara keseluruhan cerita tersebut. Buku nonfiksi adalah karya informatif yang dibuat tertulis atau tidak tertul is melalui proses pengamatan dan pencarian data, sehingga nilai kebenaran atau keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “ Pembelajaran Membuat Sinopsis Tentang Isi Buku Nonfiksi yang Dibaca dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Angkasa Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi dengan menggunakan model mind mapping di kelas VII SMP Angkasa Bandung?. 2) Mampukah peserta didik kelas VII SMP Angkasa Bandung membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi dengan tepat?. 3) Efektifkah model mind mapping digunakan dalam pembelajaran membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi di kelas VII SMP Angkasa Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pra-eksperimental. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi dengan menggunakan model mind mapping di kelas VII SMP Angkasa Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,74 dan pelaksanaan 3,45. 2) Siswa kelas VIII SMP Angkasa Bandung mampu mengikuti pembelajaran membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata -rata pretes yaitu 47,8 dan nilai rata-rata postes yaitu 73,7. Jadi ada peningkatan sebesar 25,9. 3) Model mind mapping efektif dugunakan dalam pembelajaran membuat sinopsis tentang isi buku nonfiksi pada kelas VII SMP Angkasa Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil > , yaitu 10,2 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28. Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian yang penulis lakukan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, sinopsis, buku nonfiksi, model, mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:32
Last Modified: 11 Oct 2018 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38621

Actions (login required)

View Item View Item