RIKSADIRAGA ANDANAWARI, 115030141 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR ALUR DALAM CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KATAPANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.docx Download (31kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
Abstract
Mengidentifikasi struktur alur cerpen adalah membaca cerpen yang dilakukan oleh siswa yang dibagi dalam beberapa kelompok. Metode Tam Assisted Individually merupakan metode pembelajaran yang dalam menyampaikan materi, guru melibatkan siswa akan tanggung jawabnya dalam berkelompok. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen dengan menggunakan metode Team Assisted Individually pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Katapang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dalam mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Katapang?; 2) Mampukah siswa kelas XI SMAN 1 Katapang mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen dengan tepat?; 3) Efektifkah metode Team Assisted Individually digunakan penulis dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Katapang? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu; 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dalam mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Katapang; 2) Siswa kelas XI SMAN 1 Katapang mampu mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen dengan tepat; 3) Metode Team Assisted Individually efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi tentang struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Katapang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dalam mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMAN 1 Katapang. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelaksanaan sebesar 3,37. 2. Siswa kelas XI SMAN 1 Katapang mampu mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes dengan rata-rata sebesar 25,62 dan hasil postes dengan rata-rata sebesar 94,18. Perbedaan ini menunjukkan selisih 68,56, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 68,56 atau setara dengan 263,69% 3. Metode Team Assisted Individually tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur alur dalam cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Katapang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 20,34 > 2,06 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 25. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, identifikasi, struktur alur cerpen, metode team assisted individually
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Mar 2016 07:08 |
Last Modified: | 17 Mar 2016 07:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |