Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Analisis Kemandirian Belajar Siswa SMA

Dede, NPM. (2016) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Analisis Kemandirian Belajar Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL DEDE.docx

Download (56kB)

Abstract

Abstrak:Kemampuanpemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematismerupakan suatu pencapaian kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif metode yang lain untuk meningkatkan kemampuan tersebut pada siswa, salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah metode penemuan terbimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis, dan kemandirian belajar siswa yangmemperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran penemuan terbimbingdan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik.Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedeed dengan desain penelitian yang digunakan adalah desaian kuasi eksperimen, dimana subjek tidak dikelompokan secara acak.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen pengumpul data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis, angket kemandirian belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik;2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunkan pendekatan saintifik; 3) Kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Kata kunci: metode penemuan terbimbing, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kominikasi matematis, kemandirian belajar Abstract : Problem solving and communication mathematical ability is a curriculum required by the students to achieve. Therefore, an alternative method of learning is need that can improve those abilities, one of them is guided discovery learning. The purpose of this study was to increase their mathematical problem-solving, communication ability, and self regulated learning who received guided discovery learning and scientific approach. This research is a mixed method type with embedded design shaped pretest posttest control group design. The sample is SMAN 1 Lembang grade X students in 2015/2016 academic year. Instrument used in this research are ability test of mathematical problem solving and comunication, self regulated learning questionnaire with likert scale, observation sheets, and interview sheets. Based on data analysis we conclude that 1) increase mathematical problem solving ability of students with guided discovery learning is better than students with scientific approach; 2) increase mathematical communication ability of students with guided discovery learning is better than students with scientific approach; 3) self regulated learning of students with guided discovery learning is better than students with scientific approach. keywords: method of guided discovery, mathematical problem solving, mathematical communication, self regulated learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Jun 2016 03:28
Last Modified: 04 Jun 2016 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item