RIFA ALIFFAH NUR ALFATAN, 145030017 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PESAN DARI SATU BUKU FIKSI (KUMPULAN CERPEN) DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INDO.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah metode yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta didik khususnya dalam pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen). Dengan demikian, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen) dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk pembentukan karakter pada peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk pembentukan karakter pada peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung?; Mampukah peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung mengikuti pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen) untuk pembentukan karakter dengan baik?; Efektifkah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen) untuk pembentukan karakter pada kelas XI SMKN 4 Bandung? Adapun hasil penelitiannya yaitu, perbedaan hasil belajar antara dua kelas menunjukkan hasil LKPD (tes awal) kelas eksperimen rata-rata sebesar 4.67, dan nilai LKPD (tes akhir) rata-rata 8.83, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata LKPD (tes awal) 5.18, dan rata-rata nilai LKPD (tes akhir) 6.83. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen). Hal ini dibuktikan berdasarkan tabel “Hasil Uji Dua Rata-rata Postes dengan Uji Mann-Withney, didapatkan hasil signifikansi sebesar 0.000, dikarenakan hasil signifikansi sebesar 0.000<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan untuk menganalisis pesan dari satu buku fiksi (kumpulan cerpen). Guru Bahasa Indonesia hendaknya menciptakan pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan agar peserta didik dapat belajar aktif, kreatif, dan inovatif. Kata Kunci: Menganalisis, membaca, pesan, buku fiksi, metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38331 |
Actions (login required)
View Item |