PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKADANA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MELLY MERDYANTI, 145030133 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKADANA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover fix.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstark b inggris.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrakk sunda.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun. Siswa merasa kesulitan dalam menulis pantun sesuai struktur, rima dan penggunaan bahasa. Metode pembelajaran Think, Pair and Share merupakan alternatif yang tepat untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam pembelajaram menulis pantun. Dengan demikian penulis tertarik dalam penelitian pembelajaran menulis pantun menggunakan metode think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukadana tahun pelajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas VII. Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran menulis pantun menggunakan metode think pair share pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukadana tahun pelajaran 2017/2018? Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai tahap perencanaan 3,70; dan nilai rata-rata untuk kegiatan pelaksanaan 3,68; dengan kategori nilai baik sekali (A). Adapun hasil penelitiannya yaitu, perbedaan hasil belajar antara dua kelas menunjukkan hasil pretes pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 32.57, dan nilai postes rata-rata sebesar 82.67, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes sebesar 30.85 dan nilai rata-rata postes sebesar 67.96. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukadana. Hal ini di uji dengan statisik pada kelas eksperimen 22.27 > 2.7 sedangkan pada kelas kontrol 1.76 > 2.7. Dengan demikian, metode pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan metode pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan metode think pair share efektif digunakan untuk pembelajaran menulis pantun. Kata Kunci : Pembelajaran, menulis pantun, metode think pair share

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:06
Last Modified: 08 Oct 2018 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37846

Actions (login required)

View Item View Item